Monteverdi



Monteverdi lahir di Cremona, Italia, pada 15 Mei 1567. Sebagai seorang pemuda bakat musiknya sudah jelas: publikasi pertama dikeluarkan oleh Venetian penerbit terkemuka ketika ia berusia 15, dan pada saat ia berusia 20 berbagai karya-karyanya telah pergi untuk mencetak. Buku pertamanya dari madrigals lima suara, sementara bantalan dedikasi untuk Cremonese mentornya Ingegnieri, berhasil membangun reputasinya di luar kota provinsi,
dan membantunya mendapatkan pekerjaan di pengadilan Duke Gonzaga dari Mantua. Komposisinya dari periode Mantuan mengkhianati pengaruh Giaches de Wert, yang Monteverdi akhirnya berhasil sebagai maestro di capella.
Saat itu sekitar waktu ini bahwa nama Monteverdi itu menjadi dikenal secara luas, karena sebagian besar kritik yang dikenakan padanya oleh GM Artusi di terkenal tahun 1600-nya "pada ketidaksempurnaan musik modern
." Artusi menemukan unorthodoxies kontrapungtal Monteverdi yang tidak dapat diterima dan mengutip beberapa kutipan dari madrigals sebagai contoh dekadensi musik modern. Dalam respon yang muncul dalam prakata Monteverdi buku kelima madrigals, komposer menciptakan sepasang istilah terkait erat dengan keragaman selera musik yang menjadi ciri zaman. Dia merujuk ke gaya yang lebih tua komposisi, di mana aturan-aturan tradisional tandingan digantikan pertimbangan ekspresif, sebagai prima prattica. The seconda prattica, yang ditandai dengan karya seperti crudi Amarilli, berusaha untuk menempatkan musik dalam perbudakan dari teks dengan cara apapun yang diperlukan-termasuk "salah" tandingan-secara gamblang mengungkapkan teks.

Pada 1607, opera pertama Monteverdi (dan tertua untuk rahmat tahap modern dengan setiap frekuensi) L'Orfeo, dilakukan di Mantua. Hal ini diikuti pada 1608 oleh L'Arianna, yang, meskipun popularitasnya pada saat itu, tidak lagi bertahan kecuali dalam libretto, dan karakter judul itu ratapan yang terkenal, pengaturan polifonik yang muncul dalam buku keenam madrigals (1614). Ketidaksepakatan dengan pengadilan Gonzaga menuntunnya untuk mencari pekerjaan di tempat lain, dan akhirnya pada tahun 1612 ia diangkat maestro di capella di Katedral St Mark di Venice.