;+ITA.jpg)
Monteverdi lahir di Cremona, Italia, pada 15 Mei 1567.
Sebagai seorang pemuda bakat musiknya sudah jelas: publikasi pertama
dikeluarkan oleh Venetian penerbit terkemuka ketika ia berusia 15, dan pada
saat ia berusia 20 berbagai karya-karyanya telah pergi untuk mencetak. Buku
pertamanya dari madrigals lima suara, sementara bantalan dedikasi untuk
Cremonese mentornya Ingegnieri, berhasil membangun reputasinya di luar kota
provinsi,
dan membantunya mendapatkan pekerjaan di pengadilan Duke Gonzaga dari
Mantua. Komposisinya dari periode Mantuan mengkhianati pengaruh Giaches de
Wert, yang Monteverdi akhirnya berhasil sebagai maestro di capella.
Saat itu
sekitar waktu ini bahwa nama Monteverdi itu menjadi dikenal secara luas, karena
sebagian besar kritik yang dikenakan padanya oleh GM Artusi di terkenal tahun
1600-nya "pada ketidaksempurnaan musik modern
." Artusi menemukan
unorthodoxies kontrapungtal Monteverdi yang tidak dapat diterima dan mengutip
beberapa kutipan dari madrigals sebagai contoh dekadensi musik modern. Dalam
respon yang muncul dalam prakata Monteverdi buku kelima madrigals, komposer
menciptakan sepasang istilah terkait erat dengan keragaman selera musik yang
menjadi ciri zaman. Dia merujuk ke gaya yang lebih tua komposisi, di mana
aturan-aturan tradisional tandingan digantikan pertimbangan ekspresif, sebagai
prima prattica. The seconda prattica, yang ditandai dengan karya seperti crudi
Amarilli, berusaha untuk menempatkan musik dalam perbudakan dari teks dengan
cara apapun yang diperlukan-termasuk "salah" tandingan-secara
gamblang mengungkapkan teks.
Pada 1607, opera pertama Monteverdi (dan tertua untuk rahmat
tahap modern dengan setiap frekuensi) L'Orfeo, dilakukan di Mantua. Hal ini
diikuti pada 1608 oleh L'Arianna, yang, meskipun popularitasnya pada saat itu,
tidak lagi bertahan kecuali dalam libretto, dan karakter judul itu ratapan yang
terkenal, pengaturan polifonik yang muncul dalam buku keenam madrigals (1614).
Ketidaksepakatan dengan pengadilan Gonzaga menuntunnya untuk mencari pekerjaan
di tempat lain, dan akhirnya pada tahun 1612 ia diangkat maestro di capella di
Katedral St Mark di Venice.